CAHAYASIANG.ID, TOMOHON – Rumah Sakit Umum GMIM Bethesda Tomohon dibawah naungan Yayasan Medika GMIM semakin berkembang pesat dibawah kepemimpinan Direktur Rs Gmim Bethesda dr. Gafri Bofi Kasenda, M.Kes.
Sebagai wujud peningkatan kerjasama berkelanjutan Untuk itu BPJS Kesehatan Melakukan Rekredensial BPJS di RS GMIM Bethesda Tomohon bersama dengan Dinas Kesehatan,Jumat ( 29/11/24).
Kepala BPJS Tomohon Suci Wulandari mengapresiasi langkah – langkah yang diambil oleh Pihak RS Gmim Bethesda dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan.
“Kiranya kedepan apa yang kurang di tingkatkan apa yang sudah bagus terus di pertahankan bahkan jau lebih bagus lagi, ” ujar Suci.
“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari BPJS Kesehatan untuk melakukan supervisi lapangan berdasarkan data yang telah dikumpulkan untuk perpanjangan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.
Masukkan dari BPJS Kesehatan, Dinkes merupakan bentuk memperbaiki layanan dan juga fasilitas yang ada di RS GMIM Bethesda Tomohon.
Harapannya antara Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan serta didampingi oleh Dinkes dapat bertumbuh bersama agar menciptakan pelayanan yang aman dan nyaman bagi pasien – pasien RS GMIM Bethesda Tomohon.
Kredensial BPJS merupakan proses seleksi terhadap fasilitas kesehatan yang layak dijadikan tempat pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta jaminan atau asuransi kesehatan. Fasilitas kesehatan tersebut harus terikat perjanjian atau kontrak dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.
Adapun tujuan dilakukannya kredensial adalah untuk mengetahui Kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan menjalin kerja sama dengan BPJS. Dengan demikian, diharapkan peserta BPJS dapat dilayani dengan maksimal dan tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai. Kebijakan kredensialing ini memberikan jaminan kualitas pelayanan yang adil bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Pada Faskes yang telah bekerja sama dengan BPJS akan dilakukan dan dievaluasi secara berkala demi menjaga standar dan kualitas pelayanan. Secara umum, monitoring dan evaluasi atau yang biasa disebut rekrendesialing dilaksanakan setiap satu tahun sekali tergantung kebutuhan faskes.
Direktur Rs Gmim Bethesda dr. Gafri Bofi Kasenda, M.Kes. Ketika di wawancarai Media CAHAYASIANG berharap dengan adanya kerjasama berkelanjutan layanan BPJS Kesehatan di RS GMIM Bethesda Tomohon tentunya memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat
Untuk itu RSU GMIM Bethesda Tomohon akan terus meningkatkan Fasilitas maupun pelayanan yang benar dari hati agar melayani dengan penuh ketulusan.
“Sebab pelayanan yang sejati adalah pelayanan yang tidak membeda bedakan tanpa melihat latar belakang pasien. Semua harus dilayani dengan sama. Itulah menjadi modal, sehingga terbukti sampai sekarang ini eksistensi RSU GMIM Bethesda Tomohon tetap terus berkembang. Apalagi dukungan dan perhatian yang diberikan Ketua BPMS GMIM yang juga adalah Ketua Pembina Yayasan Medika GMIM Pdt. Hein Arina, Th.D, bahkan Ketika Yayasan Medika GMIM Pdt John Slat, M.Th beserta pengurus Yayasan yang selalu mensupport mulai dari pembangunan sampai fasilitas yang ada sekarang di Rumah Sakit.” Ujar Bofi.
Ditambahkan dr Regina Makisanti sebagai Kepala Bidang Pelayanan Medis, kiranya kerjasama yang selama ini terjalin dengan BPJS tetap berlanjut. Karena sejauh ini ruangan poliklinik semua sesuai standart yang diharapkan oleh BPJS.
“Kiranya kedepan Rs Gmim Bethesda menjadi Jauh lebih baik dan pelayanannya tetap terus di tingkatkan.” tandasnya. (*Enggi)