JAKARTA (CAHAYASIANG.ID) – Sektor jasa keuangan Indonesia tengah mengalami transformasi yang cepat seiring dengan upaya untuk mendigitalkan dan mengikuti perubahan besar perilaku konsumen yang disebabkan Covid-19.
Menurut survei McKinsey Personal Finance Services 2021, sebanyak 78 persen konsumen Indonesia sekarang aktif menggunakan perbankan digital. Jumlah ini meningkat 57 persen dibandingkan dengan tahun 2017.
Sementara itu, sebanyak 55 persen responden mengatakan mereka semakin jarang menggunakan uang tunai. Adapun 80 persen orang Indonesia yang disurvei akan mempertahankan atau meningkatkan penggunaan mobile banking dan online banking setelah pandemi Covid-19. Sejak pandemi Covid-19, nilai transfer dana antarbank naik cukup pesat.
Data Bank Indonesia (BI) sampai dengan November 2021 mencatat volume transfer antarbank mencapai 581,04 juta dengan nilai Rp1.994,71 triliun.
Menyikapi hal tersebut, beberapa bank besar di Indonesia mulai berfokus pada ekosistem transaksi digital guna mendukung bisnis perusahaan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) juga membidik peningkatan volume transaksi digital. Perseroan menargetkan volume transaksi digital mencapai Rp13.000 triliun hingga akhir 2021.
“Kami memprediksi volume transaksi digital Bank Mandiri sampai dengan akhir tahun ini, kombinasi wholesale dan retail, akan mencapai Rp13.000 triliun,” kata Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan.
Panji mengatakan volume transaksi perseroan secara digital tersebut merupakan 25 persen dari total transaksi digital di Tanah Air.
Merujuk data BI, transaksi digital mencapai Rp40.000 triliun, sehingga pangsa pasar Bank Mandiri dalam peredaran uang di Indonesia sekitar 25 persen.
Dia menjelaskan peningkatan transaksi digital itu didorong oleh inovasi yang dilakukan perseroan. Tidak hanya pada segmen wholesale, tetapi juga segmen ritel dan konsumer.
Perseroan pun terus meningkatkan layanannya di masa pandemi ini, dalam rangka mengakomodir kebutuhan nasabah di tengah percepatan transformasi digital.
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Strategi Bank Mandiri (BMRI) dan BCA (BBCA) Bidik Peningkatan Transaksi Digital”.